Smartphone Gaming + Daily Driver Low Budget 2019



Sumber : Selular.id

Era digital menjadi pijakan bagi setiap insan saat ini. Kehadiran akan berbagai teknologi baru membuat seluruh kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan instan.

Salah satu tunas yang diluncurkan bibit teknologi adalah smartphone. Smartphone adalah ponsel pintar yang dapat menjalankan beberapa perintah sekaligus, yang terkadang fungsinya menyerupai komputer

Saat ini, smartphone menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia dalam beraktivitas, sehingga smartphone menjadi sangat diidamkan bagi setiap kalangan dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Keadaan ini membuat permintaan akan smartphone melonjak tinggi. Peristiwa ini menyebabkan meningkatnya produksi akan ponsel pintar demi menyeimbangi jumlah permintaan.

Asus menjadi salah satu nama brand yang ikut andil dalam memasok ponsel pintar ini.

Beberapa tahun terakhir Asus selalu berusaha menciptakan teknologi baru yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga perkembangan dari waktu ke waktu sangat terlihat, khususnya ponsel pintar Asus. Menciptakan terobosan dan inovasi yang baru menjadi hal yang memikat masyarakat untuk lebih menaruh perhatian pada ponsel pintar Asus.

Dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak, usia remaja merupakan target pasar terbesar Asus. Sehingga Asus mengklaim dirinya sebagai smartphone next generation gaming dengan menciptakan ponsel pintar yang mengistimewakan kemampuan gaming-nya demi memfasilitasi hobi remaja saat ini.

Akhir desember 2018 lalu, Asus secara resmi merilis salah satu ponsel pintar gaming terbaik ke pasar Indonesia. Yang mana lagi kalau bukan Asus Zenfone Max M2. Smartphone ini merupakan penerus dari generasi sebelumnya, Asus Zenfone Max M1.

Namun entah bagaimana alurnya, ponsel gaming ini tampak senyap dari lirikan masyarakat dan para gamers.

Spesifikasi gahar yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau ternyata belum menimbulkan selera bagi masyarakat untuk mencicipinya.


Lalu, apa gunanya tulisan ini?
Berikut adalah beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk membuat Zenfone Max M2 ini masuk ke dalam daftar pilihan smartphone anda pada low budget sebelum membeli smartphone :


1. Performa


Sumber : iNews.id
Tidak dapat dipungkiri, dalam memilih sebuah smrtphone (apalagi untuk nge-gaming), performa merupakan indra terpenting yang sangat diperhatikan.

Karena tentu saja apabila  performa sebuah smartphone menjanjikan, maka semua aktivitas termasuk main game dapat dilibas.

Asus Zenfone Max M2 hadir dengan prosesor Snapdragon 636 dan GPU Adreno 506. Prosesor ini merupakan penerus dari Snapdragon 625 yang terbukti dengan kemampuannya yang sangat ampuh ; memiliki performa yang hebat sehingga ringan dipakai untuk nge-game, namun tetap membuat suhu smartphone stabil (tidak panas) dan unggul dalam menghemat daya tahan baterai.

Jeroan sebelumnya saja sudah sangat mumpuni dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 
Bagaimana dengan sang kakak Snapdragon 636 yang sudah mendapatkan update? pasti akan lebih sempurna dalam memfasilitasi aktivitas game kamu. 

Selain itu, untuk memanjakan hasrat kamu Zenfone Max M2 ini dibekali dengan RAM 2/3 GB dan ROM 32/64 GB yang disandingkan dengan sistem operasi pure android oreo 8.0

Kenapa harus pure android?
Nah, ini dia beberapa kelebihan dari sistem operasi pure android yang cukup menggoda :

a. Lebih sedikit bloatware (aplikasi bawaan)
Seperti pengalaman-pengalaman para pengguna ponsel pintar pada umumnya, kita pasti sering dibuat kesal dengan aplikasi-aplikasi bawaan smartphone yang tidak dibutuhkan oleh kebanyakan orang, namun sayangnya tidak dapat di uninstal

Akan sangat disayangkan, karena bloatware ini akan membebani kinerja RAM dan sistem secara keseluruhan. Sehingga tentu hal ini sangat mengganggu, apalagi bagi kamu yang suka main game. Hal ini membuat aktivitas nge-game kamu menjadi tidak stabil.

Dengan sistem operasi pure android, semua masalah di atas akan terbabat habis. 
Sangat menarik bukan?

b. Tetap update dengan android terbaru
Smartphone dengan android modifikasi akan kesulitan dan bahkan jarang mendapatkan update, karena ada beberapa sistem yang perlu diseimbangkan dari perusahaan smartphone tersebut.

Namun hal ini tidak berlaku dengan sistem oprasi pure android. Karena update sistem operasinya langsung dari google, maka akan lebih terjamin kita dapat menjelajahi versi terbaru android yang pastinya lebih cepat.
Tidakkah kamu tertarik?

c. Keamanan
Salah satu ketakutan besar para pengguna android adalah keamanan. Sebenarnya google sudah bertanggung jawab dengan rutin merilis sistem keamanan terbaru.

Akan tetapi, kembali lagi, tidak seluruh perusahaan smartphone dapat menerapkan nya secara cepat karena masih perlunya penyesuaian terhadap sistem.

Dengan sistem operasi pure android, sistem keamanan kamu akan di-update secara rutin, sehingga akan lebih terjaga.
Kece bangen kan?

Selain kelebihan-kelebihan di atas, tentunya segala sesuatu yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan pula. begitu juga dengan pure android. Beberapa kekurangannya antara lain ; minim kostumisasi, fitur kurang beragam dll.

2. Daya tahan baterai


Sumber : www.bukalapak.com

Selain performa, tentu saja daya tahan baterai menjadi pengawal utama yang mengiringi aktivitas kamu dalam berselancar di media sosial, apalagi main game.

Bagaimana sebalnya kalau kamu sedang asyik nge-game tiba-tiba baterai habis. Mengesalkan bukan?

Zenfone Max M2 hadir dengan kapasitas 4000mAh.

Nampaknya tidak perlu dibahas secara panjang lebar, karena kapasitas sebesar itu tentunya tidak perlu diragukan lagi. Aktivitas game kamu akan lebih tahan lama.

Bahkan, kamu akan kualahan untuk menghabiskan daya baterai sebesar itu. Dengan pemakaian normal, ponsel ini akan bertahan hingga sehariah penuh. Sehingga tidak harus repot untuk membawa powerbank atau mecari colokan sana sini. 

Untuk pengisian daya baterai ini sendiri, membutuhkan waktu 2 sampai 2,5 jam. Tidak terlalu lama untuk ukuran baterai sebesar itu.

3. Kamera


Sumber : www.tokokamera.co.id

Smartphone ini lebih dikenal dengan sektor gaming. Lalu apakah sektor lain seperti kamera masih dapat diandalkan? tentu saja.

Dengan dibekali 3 buah kamera (2 kamera belakang dan 1 kamera depan) masing-masing dengan resolusi 13+2MP dan 8MP. Zenfone Max M2 ini masih recomended untuk foto-foto selfie dengan efek bokeh yang rapi.

Kemampuan menangkap gambar di pencahayaan yang cukup akan terlihat bersih dan natural.

Di malam hari dengan pencahayaan yang minim pun masih cukup untuk diabadikan di media sosial kamu. Apalagi dengan fitur LED flash. Bagi kamu yang suka selfie di malam hari pun akan sangat terfasilitasi dengan hadirnya softlight LED flash yang membantu pencahayaan di malam hari.

Sedangkan untuk pengambilan video, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS), sehingga hasil perekaman video akan terlihat lebih stabil.

4. Bodi dan Desain


Sumber : id.shareharga.info

Bodi dan desai adalah bagian utama yang dilihat oleh beberapa orang sebelum memebeli sebuah smartphone. Namun pada artikel ini sengaja saya tempatkan pada posisi terakhir.

Zenfone Max M2 ini memiliki desain yang cukup seksi. Dual kamera belakang dikawali LED flash berjejer secara vertikal dengan finger print terletak di tengah-tengah nya.

Bahan metal yang digunakan oleh smartphone ini membuatnya terlihat lebih kokoh dan mewah.

Mengusung layar19:9 berukuran 6,3 inch dengan resolusi HD+ membuat ponsel ini sangat pas digunakan untuk main game atau menonton video.

Resolusi HD+ yang dipasang pada layar ponsel pintar ini bekerja dengan baik dengan tampilan yang cukup jernih.

Kabar baiknya, dengan resolusi HD+ akan membuat daya tahan baterai menjadi jauh lebih irit dalam pemakaian seharian penuh.

Tidak ketinggalan model, di bagian atas smartphone ini terdapat notch (poni)  yang ditempatkan kamera, LED flash, dan sensor proximity. Sehingga tampilannya akan tampak lebih kekinian.

Untuk perlindungan layarnya sendiri, pihak Asus tidak memberikan informasi yang detail terhadaps smartphone ini. Jadi untuk berjaga-jaga silahkan pakai anti gores saja.

Satu lagi, bagi kamu yang menggunakan 2 kartu sim dan microSD sekaligus, jangan khawatir. Asus sangat memperhatikan hal-hal kecil seperti ini dengan membekali ponsel ini dengan tripel slot. Jadi kebutuhan kamu akan sangat terfasilitasi.

5. Harga

Dengan spesifikasi yang sangat gahar seperti di atas, tentunya harga akan sangat menjadi bahan pertimbangan bagi kamu.

Smartphone dengan harga yang cukup menguras kantong tentunya pasti akan mengurangi niat pembeli.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, Asus sangat berbaik hati dengan menawarkan ponsel gahar andalan mereka dengan harga yang terjangkau. 
Berikut harganya :

* Asus Zenfone Max M2 (3/32GB)
   Rp. 2.299.000,-

*Asus Zenfone Max M2 (4/64GB)
   Rp. 2.699.000,-


Dokumentasi pribadi



Di Indonesia sendiri Asus Zenfone Max M2 hadir dalam 3 pilihan warna ; hitam, biru dan silver.

Cek di link pembelian di Asus Official Store

Simpulan

Dalam kebutuhan akan smartphone, tentunya pihak penyedia smartphone akan berusaha menyediakan fasilitas terbaik untuk masyarakat.

Namun tidak jarang, harga menjadi kontra bagi masyarakat karena perlu menguras kantong lebih dalam untuk membelinya.

Namun, Asus Zenfone Max M2 hadir dengan menawarkan  segala aspek yang dibutuhkan masyarakat dengan harga yang wajar.

Bagi saya pribadi, semua kebutuhan sudah sangat tersedia di Zenfone Max M2 ini. Aspek-aspek utama yang wajib menjadi penilaian telah disajikan dengan sangat cukup di smartphone ini. Semua aspek tersaji dengan seimbang, baik dari performa, baterai, kamera, layar dll.

Jadi, bagi kamu yang menginginkan smartphone murah dan keren untuk dibawa nge-game sekaligus mendukung kebutuhan daily driver kamu. Zenfone Max M2 adalah sasaran tepat.

Mungkin sampai disini ulasan saya tentang 
Smartphone Gaming + Daily Driver Low Budget 2019. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Asus Zenfone Max M2 :


MODEL
Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL
DISPLAY AND RESOLUTION
6.3-inch HD+ (1520 x 720) All-screen display LED Backlit IPS LCD, Capacitive touch panel with 10-point multi-touch
SoC PROCESSOR
CPU
Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 632 Octa Core Processor
GPU
Qualcomm® Adreno™ 506 GPU             
MEMORY
RAM / Storage
LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
CAMERA SYSTEM
Rear (main)
Camera
13 Megapixel with wide aperture f/1.8
Rear (wide)
Camera
2 Megapixel for bokeh mode
Front camera
8MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode: Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
AI Camera with 13 types AI Scene Detection
WIRELESS
WLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 4.2
SENSOR
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM CARD AND SD SLOT
Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
NETWORK
FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS
GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS
Pure Android 8.1 Oreo
BATTERY
Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery
AUDIO/ MICROPHONE
5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
SIZE/WEIGHT
158 x 76 x 7.7mm / 160 grams
COLOR
Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver


Post a Comment

6 Comments

  1. harga murah performa keren yah kak

    ReplyDelete
  2. COcok nih, murah tapi kualitas dan fiturnya lengkapp
    mupeng mass

    ReplyDelete
  3. Wah smg bs memilikinya yah bro, keren harga dan speknya hehe

    ReplyDelete

Berikan komentar anda