8 AS yang Membuat Bangga dan Betah Kuliah di UMP

Hal-yang-membuat-bangga-dan-betah-kuliah-di-UMN

" Guys, nanti kalian mau kuliah dimana sih?" Tanya seorang temanku dari grup whatsapp.
"Aku sih mau pilih kampus yang berkualitas dan tentunya dikenal" Balas salah seorang temanku.
"Kayaknya aku mau cari kampus yang punya lulusan berkualitas deh, soalnya lulusan yang berkualitas merupakan cerminan dari kampus yang berkualitas pula" Balas yang lain.
"Kalau aku mau kuliah di kampus islam aja, biar lebih mendalami agama, biar jadi anak saleh, hehe"
"Aku kayaknya ngga bakal kuliah deh, soalnya orang tua aku ngga punya biaya, padahal aku tuh pengen banget merasakan bangku kuliah" Keluhan sahabatku.
"Ih, jangan kayak gitu deh, ada loh kampus bagus yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi"
"Iya, kita bakal kuliah gratis di kampus yang keren, asalkan kita berprestasi dan mencari kampus yang tepat"
"Iya, semangat ya jangan putus asa"

•••

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang dicita-citakan orang banyak setelah lulus dari sekolah menengah. Karena dari perguruan tinggi, tentunya kita dapat lebih menyelami ilmu pegetahuan lebih dalam lagi. Untuk mencari lapangan pekerjaan pun akan lebih diutamakan bagi orang-orang yang berkualitas.

Kuliah di kampus berkualitas dan favorit merupakan idola setiap orang. Tidak jarang apabila seluruh tenaga dan pengorbanan rela dihabiskan apabila sudah doyan dengan kampus tersebut. 

Mengapa harus memilih kampus idola? Ya, tentu saja, karena tidak semua kampus dapat mencuri perhatian orang-orang. Masih ada beberapa kampus di Indonesia yang hadir dengan fasilitas dan kulitas yang pas-pasan.

kali ini saya ingin memperkenalkan salah satu kampus swasta yang tidak kalah fasilitas dan kualitasnya dibanding kampus-kampus ternama di Indonesia, yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian Barat yang berprestasi dengan akreditas B. UMP menduduki peringkat 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, serta menduduki peringkat ke-6 di Indonesia.

UMP secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, UMP saat ini juga memperkenalkan kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, diantaranya instansi pemerintah daerah, rumah sakit dan industri terkemuka di seluruh Indonesia

Saat ini, UMP memiliki 11 fakultas dengan 33 program studi. Kampus ini telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan, hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang diterima secara terus-menerus. Dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, UMP membekali para lulusannya dengan ilmu pengetahuan unggul yang dibalut dengan jiwa islam, sehingga diharapkan agar lulusan UMP dapat menjadi rahmatan lil 'alamin.

Berikut adalah 8 AS yang akan membuat kamu bangga dan betah kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto :

1. Berkualitas

Berkualitas
Hal paling penting yang menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi adalah kualitasnya. Pasti tidak ada orang yang mau melanjutkan pendidikan tinggi di kampus dengan kualitas pas-pasan.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto hadir sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang  mampu menciptakan karakter dan kemampuan yang bertaraf, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. UMP mengedepankan pendidikan yang unggul, modern dan islami. Hingga saat ini, UMP telah berhasil mencetak generasi emas sebanyak 33.201 alumni yang tersebar di berbagai lapangan pekerjaan. Selain 3 kualitas pendidikan di atas, UMP juga membumbui mahasiswa dengan pelatihan khusus kepada seluruh mahasiswa sebelum mengikuti wisuda, antara lain : 'BEST' (Becoming Excellent Student Training), 'SMART' (Softskills Management and Resolution Training) dan 'SUCCES' (Spiritual Up dan Career Competencies Empowering by Softskills). Pelatihan tersebut dilakukan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam melatih mental yang lebih baik serta menciptakan lulusan yang lebih berkarakter.

2. Fasilitas

Fasilitas-lengkap
Untuk menjadi kampus idaman tentunya harus dihiasi dengan segudang fasilitas. Tidak hanya sebagai hiasan atau pajangan, namun fasilitas tersebut dapat melengkapi kebutuhan generasi bangsa dalam menyelami ilmu.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto hadir dengan fasilitas yang berkualitas. Tenaga pengajar yang handal membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih berkapasitas. Dalam hal fasilitas kampus, penambahan ruang kelas secara terus-menerus masih melakukan proses optimalisasi dan perkembangan. Selain itu, pengembangan di bidang IT juga sudah dikembangkan sampai saat ini. Dengan teknologi ini nantinya dapat mengawasi kinerja dosen dan para pegawai, sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai dengan jelas. Hal ini tentunya menjadi cita-cita agar UMP menjadi kampus islam yang modern dengan berbasis IT yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan industri 4.0. 

Tahun ini, UMP akan membangun gedung dengan kapasitas 10 lantai, serta asrama dengan kapasitas 500 mahasiswa, dengan harapan mereka dapat menghafal Alquran minimal 20 juz dan mahir berbahasa inggris hingga mencapai skor TOEFEL minimal 500. Tidak sebatas itu, UMP juga akan membangun mahad (pondok pesantren) untuk belajar bahasa Arab yang merupakan kerja sama dengan Timur Tengah.

Untuk mengimplementasikan visi UMP yang unggul, modern dan islami, saat ini mulai dikembangkan laboratorium di setiap fakultas. Salah satunya adalah laboratorium fakultas kedokteran yang saat ini sudah mendapatkan pengelolaan yang cukup baik. Seluruh penggunaan tempat, persediaan alat dan  kapasitas sudah menggarap sistem daring (online).

Kalau kampus dengan fasilitas ini, bagaimana kamu tidak betah kuliah di sana?

3. Berbasis Islam

Berbasis-islam
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ya, dari namanya saja pasti kalian sudah tahu bahwa UMP adalah kampus yang  menanamkan nilai-nilai islam di dalamnya.

Tidak hanya untuk mahasiswa, mereka juga melakukan program pengkinian data kemampuan baca Alquran untuk dosen. Setelah seluruh dosen melaksanakan program ini, maka disusul oleh seluruh karyawan yang ada di UMP. 

Dalam hal ini UMP mengkonsep ciri khas dalam lima hal, yakni islam dalam tata kelola, islam dalam sarana dan prasaranaa, islam dalam sumber daya manusia, islam di kemahasiswaan serta islam pada proses. Hal ini ditujukan bukan saja untuk mengangkat kampus UMP menjadi berkualitas dalam bidang akademik, tetapi juga unggul dalam karakter dan agama.

UMP selalu berupaya untuk mencetak sosok insan muslim Indonesia yang mampu memberikan solusi yang tepat dalam kehidupan di lingkungan individu, masyarakat, bangsa dan kemanusiaan global.

4. Masjid yang Indah

Masjid-yang-indah
Fasilitas ini menjadi hal yang paling utama untuk dipenuhi, karena rumah ibadah adalah tempat utama bagi seluruh umat muslim untuk salat berjemaah serta melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Untuk itu UMP menaruh perhatian lebih terhadap pemenuhan fasilitas ini, bangunan masjid yang luas dan megah membuat aktivitas ibadah sehari-hari menjadi lebih nyaman di kampus tersebut.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto juga melestarikan gerakan salat 5 waktu secara berjemaah di masjid tersebut. Hal ini menjadi cerminan dari kampus yang islami, sehingga dapat memberikan contoh yang hasanah bagi masyarakat. Setelah diadakannya salat berjemaah, akan diisi dengan kajian-kajian yang islami. Hal tersebut membuat UMP menjadi kampus yang mengakomodasi keseimbangan dunia dan akhirat.

5. Berprestasi

Berprestasi
Pengembangan Universitas Muhammadiyah Purwokerto bukan hanya dari sisi pembangunan dan kualitas dosennya saja. Sebab UMP selalu berupaya untuk mencetak generasi yang berprestasi dari segala bidang.

Mahasiswa UMP saat ini selalu mengukir prestasi di wajah kampusnya. Berbagai perlombaan selalu diikuti dan tidak jarang sampai beradu di tingkat nasional. Penghargaan-penghargaan berupa medali telah banyak dicuri melalui prestasi oleh mahasiswa UMP.

Beberapa prestasi yang diraih oleh generasi emas dari UMP antara lain : Mahasiswa menyulap ban bekas menjadi penguat beton, merebut piala kejuaraan dari walikota, memborong kejuaraan di invitasi kopertis VI wilayah Jateng, meraih juara paduan suara di art vaganza di PKN STAN, alumni yang meraih juara 1 polantas teladan, atlet pencak silat meraih 16 medali kejuaraan tingkat nasional, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan kamu calon mahasiswa UMP, sudah siap meraih prestasi-prestasi membanggakan itu?

6. Akreditas perpustakaan A

Akreditas
Tahu kah kalian bahwa sejak tahun 2016 lalu perpustakaan UMP sudah mengantongi akreditas A. Pelayanan, pustakawan dan tenaga administrasi yang berkompeten mendongkrak kualitas perpustakaan UMP menjadi semakin di depan. Selain itu koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan ini sudah cukup lengkap. Bagaimana tidak, sudah mendapatkan akreditas A kok.

Perpustakaan UMP ini juga terus mengajak mahasiswa untuk lebih mahir dan kreatif dalam menulis di era milenial melalui kegiatan workshop. Hal ini dilakukan untuk melahirkan mahasiswa-mahasiswa penulis yang memiliki prestasi.

7. Suasana

Suasana
Suasana yang nyaman dan hijau merupakan dambaan setiap kampus untuk menunjang proses belajar yang tentram. Tentu saja UMN tidak melepaskan perhatiannya terhadap hal ini. Meningkatkan kenyamanan dan menciptakan lingkungan asri merupakan solusi yang terus dikembangkan oleh kampus keren ini. Dengan begitu kondisi belajar mengajar akan terjalin lebih nyaman. Selain itu, setiap mahasiswa akan semakin naim untuk berlama-lama di kampus ini. Bagaimana tidak? ada Wi-Fi gratis kok, hehe.

8. Beasiswa

Beasiswa
Universitas Muhammadiyah Purwokerto menempatkan perhatian lebih kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Sehingga UMN menghadirkan banyak pilihan beasiswa untuk mereka. Beasiswa itu antara lain : beasiswa berprestasi, beasiswa kader kemuhammadiyahan hafiz Alquran, beasiswa dari berbagai instansi serta beasiswa bagi yang memiliki prestasi non akademik. Selain untuk program sarjana, UMP juga menawarkan program beasiswa S3 ke Cina dan Australia.

Tidak sampai disitu, UMN juga tidak mengabaikan calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dalam bidang finansial. Karena kekurangan finansial bukan menghalangi seseorang untuk memenuhi hak nya dalam bidang pendidikan. Untuk itu UMN ikut berpartisipasi dengan menyediakan beasiswa bidikmisi. Jadi untuk kamu yang terkendala dalam bidang ekonomi jangan khawatir, karena UMN hadir sebagai solusi untuk menciptakan tunas bangsa yang berkarakter dan berkualitas.

Demikianlah beberapa  alasan yang membuat kamu menjadi bangga dan betah untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Beberapa alasan tersebut tentunya menjadi bekal untuk menjadikan kampus UMP makin mendunia

Bagi kamu yang ingin masuk ke UMP, siap-siap deh, kamu akan dibalut menjadi generasi yang unggul, modern dan islami.

Terimakasih

Post a Comment

5 Comments

Berikan komentar anda