TRAVELING HEMAT DI SUMUT? BERIKUT DAFTAR 10+ WISATA DI TANAH KARO YANG TAK KALAH INDAH 2021

Traveling merupakan salah satu sarana untuk merefreshingkan diri, relaksasi otak, hiburan dan sebagainya. Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan oleh setiap manusia membuat otak menjadi setres dan butuh refreshing. Apalagi ditengah-tengah pandemi covid-19 yang membuat kita melakukan segala altivitas harus dari rumah. Tentunya pasti membosankan bukan? Bener banget

Nah, untuk itu Anda semua membutuhkan refreshing diri dengan melakukan traveling ke berbagai tempat wisata di Sumatera Utara khususnya di Tanah Karo, Anda mengunjungi artikel yang tepat sekali. Berikut kami akan bagikan beberapa tempat wisata indah di Tanah Karo yang cukup dikenal oleh khalayak ramai.

Jangan salah, beberapa tempat wisata yang disarankan ini tidak kalah bagusnya loh dari tempat-tempat wisata lain. Selain Anda tidak perlu jauh-jauh, budget yang dikeluarkan juga pastinya bakal lebih hemat tentunya.

Apa saja sih tempat-tempat yang indah itu? berikut daftarnya :


Bukit Gundaling

Bukit Gundaling
Bukit Gundaling adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di pinggir kota Berastagi Tanah Karo, letaknya lebih kurang sekitar 60 km dari kota Medan, tidak terlalu jauh.

Seperti namanya, Bukit Gundaling adalah sebuah bukit yang dijadikan sebagai tempat wisata yang indah dan asri. Suasana alam yang masih kental diselimuti dengan udara dingin akan membuat Anda lebih betah untuk berlibur disana.

Disana Anda dapat menemui kuda-kuda yang bisa menemani perjalanan Anda mengelilingi bukit tersebut. Tidak hanya itu, tempat berteduh semacam pondok juga disediakan disana untuk tempat istirahat Anda dengan harga mulai dari Rp.50.000

Di ujung bukit Anda dapat menemukan spot foto yang sangat indah dengan pemandangan kota Berastagi dan Gunung Sinabung. Bagi Anda yang muslim, jangan khawatir. Di atas bukit tersebuh disediakan mushala yang bisa Anda gunakan untuk beribadah.

Pemberian nama Gundaling oleh masyarakat sekitar memiliki sejarah tersendiri. Cerita yang merebak di masyarakat berkembang dari lisan ke lisan sehingga menjadi cerita rakyat tersendiri. Awal kisah terbentuknya nama Bukit Gundaling adalah terjadi pada masa sebelum Indonesia merdeka. Baca selengkapnya disini

Gundaling Farm Berastagi (Pemerahan susu sapi)

Gundaling Farm Berastagi
Gundaling farm Berastagi adalah salah satu wisata lokal yang ada di tanah Karo. Apa yang spesial di tempat wisata satu ini? Gundaling Farm Berastagi menyediakan tempat wisata yang merupakan tempat peternakan sapi. Selain melihat peternakan sapi secara langsungAnda juga dapat menikmati susu murni segar yang sudah diolah dari hasil peternakan tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain menyediakan spot foto yang indah, tempat ini juga memiliki sebuah restoran keren yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi kuliner di tanah Karo. Untuk membeli susu sapi yang sudah diolah kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.25.000 untuk 1 botol susu sapi segar. Apa kamu tidak tertarik untuk mengunjunginya?

Pagoda Taman Alam Lumbini

Pagoda Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini adalah wisata di Tanah Karo yang terletak di kaki Gunung Sibayak. Taman ini memiliki replika ‘Pagoda Shwedagon’, pagoda tertinggi kedua dunia yang berada di Myanmar. Pagoda Emas Taman Lumbini ini memiliki tinggi 42 meter dan merupakan pagoda megah yang paling tertinggi di Indonesia.

Nama Lumbini diambil dari tempat lahir pendiri agama Buddha, Sidharta Gautama. Taman seluas tiga hektar ini diresmikan sejak tahun 2010 lalu. Letaknya sekitar 50 kilometer atau 1,5 jam berkendara dari Kota Medan.

Apabila Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Cukup menyiapkan sumbangan seikhlas hati saja dan Anda sudah bisa menikmati kemegahan bangunan emas pagoda tinggi itu. 

Selain bangunan tinggi dan megah, disana juga ada taman alam yang sangat asri. Ada patung-patung di antara taman indah yang dialiri oleh sungai kecil. Kebayang kan bagaimana indahnya tempat wisata ini? Seperti di dongeng kan kelihatannya. Langsung cobain deh.

Selain menyuguhkan spot foto yang keren, disini juga disediakan penyewaan pakaian-pakaian tradisional yang bisa Anda sewa untuk foto yang keren. Tertarik kan?

Pasar Buah Berastagi/ Wisata Kuda

Pasar Buah Berastagi
Nah, untuk tempat wisata satu ini, bisa Anda kunjungi untuk membeli berbagai macam oleh-oleh khas dari Tanah Karo. Mulai dari makanan, pakaian, kerajinan tangan, dan sebagainya.

Lokasinya adalah di Kota Berastagi dekat tugu perjuangan, sebelum Bukit Gundaling. Bisa dibilang tempat ini adalah kaki bukit gundaling atau kaki Gunung Sibayak.

Anda tidak akan kehabisan spot foto disini. Selain itu anda juga bisa menikmati keliling kota berstagi dengan menaiki kuda. Banyak sekali kuda disana khusus untuk para pengunjung yang ingin keliling. Harganya juga tidak terlalu mahal lo. Apabila Anda mengunjungi Kota Berastagi rasanya tidak afdol kalau tidak datang ke Pasar Buah ini. jangan lupa mampir yah..

Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk

Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk
Siapa yang tidak tahu tempat wisata ini? Yaa, pemandian air panas yang mengandung belerang langsung berasal dari Gunung Sibayak akan membuat Anda betah berendam semalaman disini. Pemandian air panas Sidebuk-debuk terletak di kawasan Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Dengan membayar hanya sekitar Rp.20.000 Anda sudah bisa menikmati pemandian air panas di banyak kolam. Yakin deh, Anda akan sangat betah untuk berendam disini.

Kalau lapar setelah mandi, Anda tinggal makan di restoran yang berjejer di sekitaran kolam tersebut. Jadi jangan khawatir kalau lapar sehabis berendam. Bukan itu saja, disini juga terdapat banyak kolam yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera masing-masing dan budget yang Anda miliki.

Bukit Kubu

Bukit Kubu
Menggelar tikar di lapangan dan rerumputan hijau di bawah pohon, ditemani dengan pemandangan asri dan udara yang sangat sejuk adalah pilihan terbaik saat berwisata bersama keluarga.

Salah satu tempat wisata di Tanah Karo yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Bukit Kubu. Tempat ini sangat cocok untuk keluarga. Selain memiliki tempat yang indah, lokasi wisata ini juga sangat mudah untuk ditemui, tepat di pinggir jalan raya Berastagi.

Lapangan yang sangat luas membuat tempat ini menjadi pilihan utama traveling keluarga. Anda bisa bermain layangan di lapangan tersebut dan melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga Anda.

Untuk spot foto jangan dirgukan lagi, wisata ini sangat cocok untuk spot foto yang kece dan instagramable. Lihat sendiri deh.

Penatapen

Penatapen Berastagi
Tempat wisata Penatapen (Penatapan) satu ini terletak di Doulu, Berastagi. Apa sih yang spesial dari tempat wisata yang satu ini? Tentu saja pemandangan alam yang sangat indah menjadi nilai jual utama dari tempat wisata ini

Suasana yang sangat dingin dibalut kabut putih disekitaran hutan Berastagi menjadi ciri khas tempat wisata ini. Disini Anda dapat melihat pemandangan hutan dan sungai yang masih angat asri. Karena masih sangat alami, wisata ini diselimuti oleh kabut yang sangat dingin setip harinya, yaa seperti di puncak.

Di tempat wisata ini juga banyak tempat untuk singgah. Anda dapat memesan makanan, jagung bakar dan sebagainya sambil menikmati tempat yang sangat indah ini. Ayoo tunggu apa lagi? Untuk lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Kota Medan lo, hanya sekitar 30-40 menit saja.


Air Terjun Sikulikap

Nah, untuk tempat wisata kece satu ini letaknya sangat dekat dengan tempat wisata sebelumnya (Penatapan). Tepatnya wisata ini berlokasi di bawah Penatapan. Air terjun yang tingginya sekitar 30M ini sangatlah indah dan memukau.

Tempat ini merupakan salah satu pilihan utama bagi para wisatawan baik lokal maupun luar daerah lo. Aroma hutan cemara yang mengelilingi air terjun ini akan memanjakan mata Anda saat berkun jung ke tempat wisata ini.

Keindahan tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang mencari spot foto alam yang instagramable. Di sekitaran air terjun ini Anda bisa juga berkemah bersama teman-teman Anda. Selain itu Anda yang menyukai tantangan bisa sekalian memanjat tebing disekitaran lokasi air terjun ini. Sedangkan untuk menuju lokasinya Anda akan berjalan dengan trekking yang ringan.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Ada yang tau nggak wisata keren yang satu ini? Ya danau yang luasnya sekitar 200 Ha ini terletah di tengah-tengah pegunungan dan hutan tropis yang sangat indah. Danau ini terletak di sekitaran kaki Gunung Sinabung.

Bagi Anda yang ingin kemah di tempat ini juga sangat cocok lo, karena di pinggiran danau ini terdapat lapangan seluas 3 Ha yang dapat menampung perkemahan Anda bersama keluarga ataupun teman-teman.

Bagi Anda yang ingin berkunung ke tempat wisata ini, jaraknya sekitar 27Km dari Kota Berastagi. Anda dapat berkinjung menaiki roda dua ataupun roda empat. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh Anda sudah dapat menikmati danau ditengah-tengah pegunungan dan hutan sekaligus tempat kemah yang sangat luas.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Siapa yang tidak tahu tempat wisata terkenal satu ini? ya, sepertinya semua orang khususnya Sumatera Utara sudah tau akan lokasi Gunung Sibayak. Gunung yang terletak di Kota Berastagi ini memiliki ketinggian 2.172M dari permukaan laut.

Gunung yang masih aktif ini memiliki kawah yang masih mengeluarkan magma di puncaknya. Tempat ini menjadi pilihan utama bagi para pecinta alam sebagai tempat wisata dan kemah mereka. Selain memiiliki hutan tropis, Gunung Sibayak ini juga memiliki tempat-tempat dan puncak yang sangat indah. Anda juga dapat menikmati sunrise dari puncak Gunung Sibayak ini.

Dari puncak gunung ini Anda dapat juga menikmati keindahan kota Berastagi dan Gunung Sinabung yang saling berhadapan. Yuk tunggu apalagi, bagi Anda yang suka tantangan, trakking gunung ini cukup bisa dibilang menantang lo, dan sangat cocok bagi para pemula pendaki.

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
Air terjun dua warna merupakan salah satu tempat wisata indah yang terletak di Kabupaten Deli Serdang. Sesuai dengan namanya air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yakni airnya memiliki 2 warna yang  berbeda.

Menurut informasinya air terjun yang berketinggian 72M ini terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak silam. Selain memiliki 2 warna yaitu biru dan putih abu-abu destinasi ini juga memiliki pemandangan asri yang sangat indah. Hutan dan pepohonan yang mengelilingi air terjun ini membuat suasana alamnya yang semakin kental.

Salah satu jalan menuju lokasi wisata ini adalah melalui bumi perkemahan Sibolangit. Anda bisa menikmati air terjun ini sekaligus melakukan hikking dan camping bersama teman-teman Anda. Wah tentunya sangat menyenangkan.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan tempat-tempat wisata indah di Tanah karo Sumatera Utara yang pastinya hemat dan low budget? Yuk, tunggu apa lagi segera susun rencana kamu bersama keluarga atau teman-teman ke tempat-tempat tersebut. Terimakasih :)


Baca juga :


Post a Comment

0 Comments